Kamis, 18 Oktober 2018

FILSAFAT PENDIDIKAN



REPORTASE PERTEMUAN KE-5

Perkuliahan Filsafat Pendidikan pada pertemuan kelima kelas 7C dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Oktober 2018.  Pada pertemuan kelima ini membahas mengenai diri manusia. Sebelum berbicara mengenai diri manusia pembahasan pertama mengenai pendidikan pastinya tidak asing lagi dengan tokoh Ki Hajar Dewantara. Beliau merupakan tokoh pendidikan di Indonesia yang melahirkan sebuah kesadaran. Kesadaran ini berasal dari kata sadar yang berarti mampu memahami diri yang berasal dari dalam jiwa. Memahami diri disini yang dimaksud adalah memahami ruang, roh jasad dan realitas manusia yang mana manusia adalah titah Tuhan. Yang dimaksud manusia adalah titah Tuhan adalah manusia jangan lari-lari dari Tuhan, karena Tuhan yang menjalankan manusia sebagai perjalanan Tuhan. Tuhan dikenali  melalui ciptaan-Nya yaitu alam semesta dan seisinya, manusia adalah ciptaan-Nya yang terakhir. Manusia diciptakan terakhir karena manusia adalah ciptaan yang bisa merangkul semua yang diciptakan Tuhan.
Titah Tuhan adalah memerintah manusia untuk mengolah, mampu mengelola dan mengatur dirinya sendiri. Dengan dibekali adanya akal maka Tuhan percaya untuk memerintah manusia untuk mengolah alam semesta. Diri terbentuk dari dzat yang merupakan sebagai esensi utama yang ada pada diri manusia, kemudian ada sifat yaitu suatu subtansi pada bagian diri manusia contonya sifat sayang, ada asma yaitu suatu realitas pada manusia contohnya penyayang, dan yang terakhir ada af’al yang bisa disebut sebagai aksi atau tindakan contohnya menyayangi.
Titah Tuhan menurunkan ke setiap individu atau diri masing-masing manusia kemudian menurunkan sifat yang mana setiap manusia memiliki sifat yang berbeda-beda dan menjadikan asma' atau realitas kehidupan masing-masing manusia. Sehingga muncul tindakan, tindakan yang akan dilakukan manusia dalam melaksanakan titah Tuhan, tindakan yang dilakukan setiap manusia juga berbeda-beda tergantung pada pemikiran masing-masing. Titah Tuhan terdiri dari jasad (raga) dan roh dimana terdapat raga kasar dan raga halus yang melahirkan pendidikan lahir maupun batin.

Posted
By Ayu Pusvita Sari
15120101 
7C PGSD

Artikel terkait lainnya

14120086 MIA TRISTIANA
15120131 AHMAD HIDAYAT
15120139 DICKRI TIFANI BADI
15120206 PUTRI AMALIAH
15120374 ACHMAD AGUNG PRASETYO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar