Jumat, 02 November 2018

FILSAFAT PENDIDIKAN


REPORTASE PERTEMUAN KE-6

Perkuliahan Filsafat Pendidikan pada pertemuan keenam kelas 7C dilaksanakan pada hari Selasa, 30 Oktober 2018.  Pada pertemuan keenam  ini membahas mengenai pendidikan dan pengajaran. Berbicara mengenai pendidikan dan pengajaran perlu kita ketahui bahwa kedua kata tersebut memiliki hubungan yang sangat erat. Keeratan hubungan tersebut dapat diutarakan bahwa pengajaran merupakan bagian dari pendidikan. Kini pengajaran merupakan bagian dari pendidikan dapat dilihat dari makna masing-masing kata tersebut. Makna dari pengajaran adalah memberikan ilmu/pengetahuan tentang tuntunan, sedangkan makna dari pendidikan adalah laku atau tuntunan tersebut.
Pendidikan berasal dari berbagai kata ada yang mengutarakan bahwa pendidikan berasal dari kata tarbiyah yang kata dasarnya rabbun yang artinya mendidik,memelihara,menjaga, mengayomi. Selain itu ada yang mengutarakan bahwa pendidikan berasal dari kata adab yang artinya akumulasi akhlak-akhlak manusia. Dari berbagai kajian diatas dapat disimpulkan bahwa pengajaran merupakan proses belajar yang memberikan ilmu atau pengetahuan kepada orang lain. Contoh dari pengajaran yaitu proses kegiatan belajar mengajar dikelas seorang guru menyampaikan materi pelajaran kepada siswanya dengan tujuan agar siswa-siswanya pandai. Sedangkan pendidikan adalah laku atau tuntunan yang menerapkan nilai-nilai sehingga tujuannya mempunyai akhlak yang baik dengan adanya saling mendidik dan saling mengayomi satu dengan yang lainnya. Contoh dari pendidikan yaitu mendidik dengan menerapkan nilai-nilai sehingga siswa memiliki akhlak yang baik.
Perlu kita sadari bahwa selama ini pendidikan yang kita kenal di sekolah hanyalah sebuah pengajaran bukan sebuah pendidikan dimana guru hanya memeberikan pengetahuan saja kepada siswa agar siswa tersebut menjadi pandai. Dengan adanya pengajaran saja kini akhlak anak-anak semakin merosot dan perlu diterapkan nilai-nilai yang baik untuk merubahnya. Dapat kita lihat pada fenomena di sekitar terkait dengan perkembangan IPTEK kini ada aplikasi online dimana anak-anak memesan makanan lewat online dan yang mengantarkan makannanya orang tua dan apabila datangnya  tidak tepat waktu anak tersebut memarahi pengantarnya padahal pengantar makanan tersebut lebih tua dari anak tersebut. Hal tersebut membuktikan bahwa anak tersebut memiliki adab yang kurang baik, hal tersebut  terjadi karena kurangnya pendidikan dan lebih mengedepankan pengajaran.
Selain itu terkait dengan pendidikan dan pengajaran bahwa orang-orang dahulu mengenal dengan istilah waskito. Waskito adalah memahami kahanan ke depan. Dimana dalam berfikir itu harus memeahami prosenya bukan menyimpulkan kata yang ada di depan dan di akhir sehingga makna yang terkandung berbeda. Jadi ketika ada informasi dengarkan dengan baik bagaimana alurnya kemudian baru menyimpulkan bukan langsung mengambil informasi diawal dan diakhir sebagai kesimpulan. Memahami sebuah proses itu sangat penting untuk mendapatkan informasi yang layak, sama halnya dengan pendidikan menerapkan nilai-nilai itu penting untuk membentuk anak yang berakhlak baik.  

Posted
By Ayu Pusvita Sari
15120101 
7C PGSD